Senin, 10 Oktober 2016

PENANGANNAN TROUBLESHOTING YANG TERJADI PADA SOFTWARE

     Langkah langkah menangani troubleshoting yang terjadi pada software yang disebabkan ;
         
           1. Komputer menjalankan banyak software sekaligus
           2. Setting software berubah dari kondusi optimalnya
           3. Karena serangan virus
           4. Software yang lambat
                                                       
                                                                JAWABAN

  1. Komputer menjalankan banyak software sekaligus
    Tanpa kita sadari, ketika menghidupkan komputer, OS Windows akan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Dan, aplikasi tersebut tidak harus terbuka, tetapi berjalan secara otomatis. Istilah ini disebut Startup. Tentu, banyaknya aplikasi yang dijalankan oleh sistem operasi akan memberatkan server. Itu sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer dan laptop Windows.

    Cara mengatasinya, Anda dapat melakukan checklist untuk masing-masing aplikasi yang tidak Anda inginkan (untuk dijalankan secara otomatis). Pertama-tama, klik tombol “Start” di pojok kiri bawah desktop komputer Windows. Lalu, ketikkan “msconfig” (tanpa tanda petik) di search bar. Setelah itu akan muncul jendela baru dengan banyak tab. Pilih tab bernama “Startup” lalu checklist aplikasi yang tidak Anda inginkan (tidak terlalu penting).
  2. Dengan tambahan aplikasi deep freeze
  3. Serangan Virus • • • • • Saran yang dapat digunakan untuk menangkal virus komputer adalah : Bekerja dengan satu komputer saja. Bila diperlukan tranfer data dengan disket, periksalah dulu disket tersebut Gunakan program-program antivirus Jika komputer yang biasa kita digunakan baru saja dipakai orang lain, matikan dahulu komputer tersebut untuk beberapa saat, dengan begitu program yang residen di dalam memori komputer akan hilang. Jangan lakukan Ctrl+Alt+Del, karena cara ini tidak akan menghapus memori yang ada
  4. PENYEBAB KOMPUTER LAMBAT MENANGGAPI PERINTAH/RESPON

         Ada beberapa faktor penyebab komputer tidak menanggapi perintah diantaranya sbb:
           1.Terserang Virus
            Virus juga salah satu penyebab komputer lambat,karena virus sangat mengganggu kinerja                 perangkat lunak.Silahkan selalu cek virus menggunakan anti virus.Saya sarankan                               menggunakan AVIRA dan selalu rajin upgrade.
          2. Penyimpanan Folder
           Usahakan selalu menyimpan fie di lokasi disk D dan disk E.Jangan menyimpan didalam Disk            C.Karena kalau dalam penyimpanan C penuh bisa mengakibatkan komputer menjadi lambat.
          3.Kerusakan Komponen
           Kompone atau Hardisk adalah alat yang mempunyai peranan dalam berjalannya sistem                      komputer.Kalau hardisk anda sudah lama atau sudah rusak silahkan segera menggantinya                dengan yang baru.
          4.Aplikasi
           Terlalu banyak menginstal Aplikasi yang filenya besar juga sangat mengganggu kinerja                         komputer.Sebaiknya buang aplikasi yang tidak dipakai dan apabila mendownload aplikasi                   sesuaikan dengan kapasitas memori.
          5.Banyak Menginstal Game
           Jangan banyak menaruh aplikasi game dikomputer anda karena game biasanya file nya                      sangat besar sekali.Saya sarankan kalau suka ngegame silahkan beli PC yang khusus untuk             bermain game.
           6.Processor Keadaan Panas
            Biasanya penggunan komputer yang terlalu lama,apalagi gak dikasih buat pendingin biasanya             Processor akan cepat panas dan akibatnya kerja komputer akan menjadi lambat.
        7.Terlalu Buka Banyak Program
          Nah pada bagian ini pasti anda tidak menyadari,berbagai program anda buka semua.Apalagi               kapasitas ram dan hardisk tidak memadahi.Ini jelas-jelas akan mengganggu kinerja dari                       komputer.

        CARA MENGATASI KOMPUTER LAMBAT MENANGGAPI PERINTAH

        Setelah saya jelaskan penyebab terjadinya komputer lambat,sekarang kita bahas cara                         mengatasinya ,perhatikan di bawah ini :
        1.Segera buang dan hajar virus-virus yang mengganggu perangkat lunak dengan anti                          virus.Slahkan selalu mengeceknya setiap hari.Hati-hati dalam mendownload dan Flash disk                yang anda gunakan karena bisa saja ada beberapa virusnya.Silahkan cek sebelum di                        download dan saat anda menancapkan flash disk ke komputer atau pc.
        2.Silahkan simpan beberapa aplikasi yang penting buat pekerjaaan anda di lokasi disk C dan              alainnya silahkan simpan di disk D atau disk E.
        3.Komponen-komponen yang sudah rusak silahkan di ganti secepatnya kalau tidak nanti bisa              menjalar kemana-mana.
       4.Kalau komputer anda buat bekerja jangan menginstal aplikasi game.Bermainlah game dari                 bawaan komputer saja.
       5.Lakukanlah perawatan hardware dengan cara membersihkan bagian-bagian komponen dari               kotoran dengan menggunakan kuas secara berkala.
       6.Upgrade memori yang lebih besar agar kecepatan kerja komputer menjadi cepat.
       7.Uninstal program-program yang tidak anda butuhkan.silahkan buka control panel dan silahkan          pilih program mana yang akan dihapus.
       8.Lakukanlah maintenance seminggu sekali agar kesehatan komputer anda terjadi.Karena                     dengan maintenance anda dpat mengetahui found yang mengalami eror.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar